blog-indonesia.com

Jumat, 13 Mei 2011

Gua Berusia 50 Ribu Tahun Ditemukan di China


Ilustrasi (foto: thepeakdistrict.info)
Ilustrasi (foto: thepeakdistrict.info)
BEIJING - Para arkeolog menemukan sebuah gua berusia 30 ribu tahun di kota Luoyang, provinsi Henan, China. Di dalam gua tersebut para ilmuwan juga menemukan beberapa perangkat kuno.

Penggalian tersebut mengambil lokasi di Longquan Mountain Heritage Site, yang berasal dari jaman batu kuno dan berlokasi di kota Luoyang di provinsi Henan, China. Demikian seperti yang dikutip dari People's Daily Online, Selasa (10/5/2011).

Menurut para ahli gua tersebut berusia sekira 30 ribu sampai 50 ribu tahun, sebuah periode awal yang penting dari perkembangan manusia modern.

Di dalam gua tersebut, para arkeolog menemukan bekas sisa bahwa api pernah digunakan. Hal ini merupakan sebuah keunikan tersendiri, karena merupakan pertama bekas api ditemukan di situs penggalian untuk wilayah provinsi Henan.

Ada lebih dari 1.000 perangkat batu, fosil gigi dan tulang hewan yang ditemukan dalam gua tersebut. Di beberapa tulang tersebut, ilmuwan menemukan bekas gigitan dan potongan, pertanda bahwa alat-alat batu sudah digunakan pada periode tersebut.

Para ahli mengatakan bahwa temuan ini cukup istimewa, karena bekas api, perangkat batu, dan fosil ada di satu situs. Penemuan ini menyediakan informasi penting mengenai perilaku awal manusia modern.

Para arkeolog juga menambahkan bahwa orang yang tinggal di gua saat itu memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan iklim, selain itu mereka juga berburu hewan.

SUMBER

0 Comment

Posting Komentar