blog-indonesia.com

Rabu, 11 Mei 2011

Archimedes


Engraving of Archimedes  Archimedes adalah matematikawan Yunani, philosopher
Melengkapi postingan tentang Gaya  Archimede atau Hukium Archimede, berikut ini saya sajikan sekilas tentang biografi  ilmuwan yang satu ini. Archimedes lahir di Syracuse di pantai timur Sisilia dan dididik di Alexandria di Mesir. Dia kemudian kembali ke Syracuse, di mana ia menghabiskan sebagian besar sisa hidupnya, mencurahkan waktu untuk penelitian dan eksperimen di berbagai bidang.
Dalam mekanika ia mendefinisikan prinsip tuas dan dikreditkan dengan menemukan katrol senyawa dan sekrup hidrolik untuk mengangkat air dari tingkat yang lebih rendah ke lebih tinggi. Ia sangat terkenal  dengan penemuan hukum hidrostatika, kadang-kadang dikenal prinsip sebagai ‘Archimedes’ ‘, yang menyatakan bahwa tubuh direndam dalam cairan kehilangan berat sama dengan berat dari jumlah cairan yang dipindahkan. Archimedes dianggap telah membuat penemuan ini ketika masuk ke bak mandi nya, menyebabkan dia berseru “Eureka!” penemuan ini merupakan penemuan yang termasuk kategori penemuan yang tidak disengaja ” serendipity”.namanya juga sedang mandi..bukan sedang melakukan eksperimen di lab.
Selama penaklukan Romawi Sisilia di 214 SM Archimedes bekerja untuk negara, dan beberapa alat mekanis yang bekerja di pertahanan Syracuse. Di antara mesin perang dikaitkan dengannya adalah ketapel dan – mungkin legendaris – suatu sistem cermin untuk memfokuskan sinar matahari kapal penjajah ‘dan membakar mereka. Setelah ditangkap Syracuse, Archimedes dibunuh oleh seorang prajurit Romawi.

0 Comment

Posting Komentar